Wednesday, May 15, 2013

GUIDED TRANSMISSION MEDIA


Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan mengenai Guided Transmission Media.
Guided transmission media atau yang biasa disebut media transmisi terpandu merupakan jaringan yang menggunakan sistem kabel., dan dikendalikan sepanjang jalur fisik. Contoh dari unguided media adalah twisted pair cable, coaxial cable dan fiber optic.
·         Twisted pair cable:
Ada dua macam Twisted cable pair, yaitu kabel UTP dan STP.
·         Coaxial cable:
Kabel koaksial adalah kabel yang menggunakan dua buah konduktor. Kabel ini banyak digunakan untuk mentransmisikan sinyal frekuensi tinggi mulai 300 kHz keatas.

·         Fiber optic:
Fiber optic atau serat optik adalah saluran transmisi yang terbuat dari kaca atau plastik yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain.
Berdasarkan mode transmisi yang digunakan serat optik terdiri atas Multimode Step Index, Multimode Graded Index, dan Singlemode Step Index.

UNGUIDED MEDIA TRANSMISSION
Unguided transmission media atau media transmisi tidak terpandu merupakan jaringan yang menggunakan sistem gelombang. Pada unguided media, disediakan alat untuk mentransmisikan data namun tidak mengendalikannya. Contoh dari unguided media transmission adalah Gelombang mikro, satelit, dan inframerah.
·         Gelombang  mikro
Gelombang mikro (microwave) merupakan bentuk gelombang radio yang beroperasi pada frekuensi tinggi (dalam satuan gigahertz), yang meliputi kawasan UHF, SHF dan EHF. Gelombang mikro banyak digunakan pada sistem jaringan MAN, warnet dan penyedia layanan internet (ISP).
·         Satelit
Satelit adalah media transmisi yang fungsi utamanya menerima sinyal dari stasiun bumi dan meneruskannya ke stasiun bumi lain. Satelit yang mengorbit pada ketinggian 36.000 km di atas bumi memiliki angular orbital velocity yang sama dengan orbital velocitybumi. Hal ini menyebabkan posisi satelit akan relatif stasioner terhadap bumi (geostationary), apabila satelit tersebut mengorbit di atas khatulistiwa.   
·         Inframerah
Inframerah biasa digunakan untuk komunikasi jarak dekat, dengan  kecepatan 4 Mbps.  

0 comments:

Post a Comment