Wednesday, May 1, 2013

Tahapan Kognitif Menurut Taksonomi Bloom


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang tahapan kognitif menurut taksonomi bloom. Materi ini merupakan materi mata kuliah Perencanaan Pembelajaran.

TAHAPAN KOGNITIF MENURUT TAKSONOMI BLOOM
           1.       Tahap Pengetahuan (Knowledge)
Tahap Knowledge merupakan tahap pertama dalam Taksonomi Bloom. Pada tahap ini peserta didik dapat mengenali pengertian, definisi, gagasan, atau fakta- fakta dari istilah tertentu.
 Contoh:
                                Dalam matakuliah Algoritma dan Struktur Data, mahasiswa mampu menjelaskan apa pengertian dari fungsi yang ada pada suatu program. Pengertian tersebut berdasarkan pengetahuan dari mahasiswa itu sendiri selama mendapatkan materi, jadi pengertian tersebut didapat dari memori yang telah tersimpan sebelumnya dan diingat kembali saat mendapatkan pertanyaan tentang pengertian dari dungsi tersebut.
2.       Tahap Pemahaman (Comprehension)
Pada tahap yang kedua ini mahasiswa sudah memahami sesuatu seperti sebuah gambaran, diagram, grafik, laporan, peraturan dan lain- lain.
 Contoh:
Dalam matakuliah Algoritma dan struktur data, mahasiswa mampu menjelaskan jalannya program dari suatu flowchart yang telah disajikan. Mahasiswa tersebut mampu memahami maksud dari flowchart tersebut dan mengetahui bagaimana proses jalnnya program dengan melihat flowchart yang ada.
 3.       Aplikasi (Application)
Tahap ini seseorang sudah dapat menerapkan pengertian, metode, rumus, ke aplikasi nyata.
 Contoh:
Pada tahap ini dapat dilihat dari mata kuliah komputasi numerik, mahasiswa dituntut untuk dapat mengaplikasikan suatu rumus tentang integrasi untuk selanjutnya dijalankan dalam sebuah program. Jadi mahasiswa tersebut harus memahami dan mengerti betul tentang rumus integrasi sebelum mengaplikasikannya pada program yang akan dibuatnya.
 4.       Analisis (Analysis)
Pada tahap keempat ini mahasiswa akan mampu menganalisis informasi yang masuk dan membagi-bagi atau menstrukturkan informasi ke dalam bagian yang lebih kecil untuk mengenali pola atau hubungannya, dan mampu mengenali serta membedakan faktor penyebab dan akibat dari sebuah skenario yg rumit
Contoh:
Dalam matakuliah Jaringan komputer Dan Komunikasi Data, tahapan analisis sudah dapat diaplikasikan, yaitu dalam penyelesaian dalam membuat sebuah jaringan Access Point. Pada proses membuat sebuah jaringan tersebut, mahasiswa dituntut agar dapat membuat jaringan Access Point yang paling efisien dan mengandung sedikit resiko. Dalam mebuat sebuah jaringan Access Point mahasiswa dituntut untuk mengetahui fungsi  dari tiap – tiap komponen serta bagaimana cara kerja, kegunaan dan karakteristik tiap komponen  agar dapat membangun jaringan yang paling efisien dan beresiko paling minim.
 5.       Sintesis (Synthesis)
Pada tahap ini seseorang sudah dapat menjabarkan struktur dan informasi yang belum terlihat sehingga menemukan sebuah solusi dari persoalan.
Contoh:
Misalnya dalam mata kuliah Jaringan Komputer dan Komunikasi Data, mahasiswa mendapatkan suatu kasus dimana jaringan yang telah mereka buat mengalami konflik data dan menyebabkan error. Pada tahap ini mahasiswa tersebut mampu menjelaskan asal muasal dari konflik tersebut dan sudah memiliki beberapa solusi untuk memecahkan konflik tersebut.
 6.       Evaluasi (evaluation)
Pada tahap ini mahasiswa  diharuskan memiliki kemampuan untuk memberikan penilaian terhadap solusi, gagasan, metodologi, dsb dengan menggunakan kriteria yang cocok atau standar yg ada untuk memastikan nilai efektivitas atau manfaatnya.
                Contoh:
                Pada matakuliah Jaringan Komputer dan Komunikasi Data sudah mengimplementasikan tahapan ini, dalam suatu materi tentang access poit, mahasiswa dihadapkan pada suatu studi kasus yang mengharuskan mereka menjadi seorang yang mengatur majemen dari pembuatan AP dalam sebuah perusahaan, disini mahasiswa harus membuat sebuah jaringan yang efisien baik dari segi ekonomi maupun segi manfaatnya, mahasiswa tersebut harus bisa mengevaluasi setiap kemungkinan dan dapat dilakukan agar menghasilkan sebuah jaringan yang terbaik. 

0 comments:

Post a Comment